Sistem Pendidikan

1. PENDIDIKAN

Bagi  mahsiswa baru diwajibkan mengikuti Test Kemampuan Akademik (TKA) yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kamampuan akademik mahasiswa sehingga mampu memprediksi kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di Program Pascasarjana. Disamping itu mahasiswa baru juga diwajibkan mengikuti  Test TOEFL Like yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan dasar bahasa inggris mahasiswa sehingga dapat diketahui kemampuan mahasiswa dalam menggunakan dan memahami bahan ajar baik buku teks maupun artikel jurnal ilmiah yang berbahasa inggris.

Selain itu mahasiswa baru diwajibkan mengikuti Mata Kuliah Matrikulasi sebanyak 3 Mata Kualiah pada setiap Program Studi tanpa bobot SKS. Tujuan dari diselenggarakannya mata kuliah matrikulasi adalah untuk memberikan kesamaan persepsi dan pemahaman dasar kepada mahasiswa baru terkait dengan bidang ilmu masing-masing di setiap Program Studi yang ada di Program Pascasarjana.

Kurikulum Program Pascasarjana (S2) dirancang dalam Satuan Kredit Semester (SKS) untuk jangka waktu 4 semester. Sehingga program ini secara keseluruhan dapat diselesaikan selama 2 tahun. Untuk menyelesaikan Program Pascasarjana (S2) mahasiswa menempuh antara 45-72 SKS dengan perincian :

  1. Magister Manajemen menempuh, 11 Mata Kuliah Wajib, 10 Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (hanya dipilih 2 Mata Kuliah), 1 Kuliah Kunjungan Lapangan, Seminar Proposal, Ujian Tesis dan Penulisan Artikel Jurnal. Total SKS yang ditempuh adalah 61 SKS
  2. Magister Ilmu Hukum menempuh, 9 Mata Kuliah Wajib, 12 Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (hanay dipilih 6 Mata Kuliah), Seminar Proposal, Ujian Tesis dan Penulisan Artikel Jurnal.
  3. Magister Administrasi Publik menempuh, 10 Mata Kuliah Wajib, 6 Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (hanya diambil 3 Mata Kuliah), Seminar Proposal, Ujian Tesis dan Penulisan Artikel Jurnal.

2. PENGAJARAN

  1. a.    Metode Pengajaran

Metode pengajaran dalam rangka transfer of knowledge dilakukan dengan cara:

1). Kuliah tatap muka di kelas

Kuliah tatap muka di kelas dilakukan 12 kali tatap muka per semester ditambah dengan 2 kali ujian (UTS dan UAS)

2). Diskusi di kelas

Diskusi di kelas dilakukan untuk pendalam materi dan untuk pemecahan kasus-kasus yang terkait dengan materi mata kuliah serta meningkatkan kemampuan mahasiswa di dalam mempresentasikan ide-ide dan gagasan

3). Kuliah Kunjungan Lapangan

Kuliah Kunjungan Lapangan dilakukan dengan cara mahasiswa dan dosen pembimbing mengunjungi instansi, perusahaan, lembaga atau instansi dalam rangka untuk melihat implementasi teori didalam parktek

4). Kuliah Umum

Kuliah umum dilakukan sebagai salah satu cara menambah wawasan bagi para mahasiswa yang diberikan oleh para pakar dan praktisi yang kompeten di bidangnya. Kuliah umum dilaksanakan pada setiap awal semester dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

5). Seminar dan pertemuan ilmiah

Seminar dan pertemuan ilmiah baik sekala nasional maupun internasional dilakukan untuk menciptakan suasana akademis di kampus dan untuk meningkatkan kemapuan akademis dan merespon isu-isu kontemporer dan aktual sehingga mahasiswa dapat mengikuti perkembangan.